Selasa, 04 Desember 2012

Herbarium



HERBARIUM
Herbarium adalah merupakan sebuah institusi sokongan utama bagi penyelidikan berasaskan tumbuhan dan menjadi pusat penyimpanan dan rujukan taksonomi spesies-spesies yang menjadi sasaran penyelidikan sesebuah institusi.
Spesimen yang telah diawet dan dicamkan dengan baik menjadi bahan rujukan untuk digunakan sebagai perbandingan kepada sampel tumbuhan yang dibawa ke herbarium untuk dicamkan. Ia juga berperanan sebagai entiti rujukan dan penyelidikan tumbuhan. Spesimen herbarium turut menjadi bahan bukti kepada kaedah penamaan sains dan pengecaman yang digunakan dalam sesebuah penerbitan saintifik.
Pada masa dahulu, herbarium biasanya merujuk kepada koleksi tumbuhan berdasarkan koleksi seseorang pengumpul. la menjadi koleksi penting apabila pengumpul tersebut merupakan ahli taksonomi yang terkenal dan menjadi pengasas kepada rujukan Flora sesuatu kawasan. Koleksi ini kemudiannya digabungkan bersama koleksi para pengumpul yang lain dan hari ini, spesimen-spesimen ini disimpan sebagai sebahagian koleksi herbarium-herbarium yang ternama di dunia.
Herbarium Kepong merupakan herbarium terbesar dan tertua di Malaysia, dipertanggungjawabkan dalam kepakaran dan kefahaman mengenai komuniti tumbuh-tumbuhan mewakili hampir keseluruhan spesies tumbuhan yang terdapat di Malaysia dan kawasan rantau sekitarnya. Ia menyimpan koleksi lama yang bersejarah dan amat berharga serta mewakili spesies yang belum pernah dijumpai, spesies yang jarang dijumpai dan spesies yang hampir pupus di negara ini.
Koleksi Herbarium Kepong dan bahan-bahan rujukan yang tersimpan menjadi nadi tarikan para penyelidik dalam dan luar negara menjalankan penyelidikan sains botani, ekologi, etnobotani, hortikultur, dan landskap.
Herbarium-herbarium yang baru biasanya dibina sebagai sumber rujukan institusi penyelidikan atau universiti-universiti tempatan yang memerlukan sumber tumbuhan tertentu untuk tujuan rujukan di peringkat kebangsaan, pengajaran atau pendidikan.
Contoh herbarium kering (awetan kering)

 contoh herbarium basah (awetan basah)

A.    BATASAN DAN KEGUNAAN HERBARIUM
Herbarium adalah kumpulan tumbuhan kering yang dipres dan ditempelkan pada lembaran kertas, biasanya kertas manila yang menghasilkan suatu label dan data yang rinci serta disipan dalam rak-rak atau lemari besi dalam urutan menurut aturan dimana herbarium itu disimpan.
Herbarium sangat penting untuk digunakan dalam pekerjaan taksonomi. Herbarium terdiri dari koleksi kering dan koleksi basah. Koleksi basah tidak dipres dan merupakan spesimen-spesimen hidup yang dipelihara dengan baik. Tiap-tiap specimen digunakan untuk mengidentifikasi specimen-spesimen baru yang tidak diketahui namanya. Prosesnya dengan cara membandingkan antara tanaman yang ingin diketahui namanya dengan specimen yang suda diketahui namanya yang ada pada tempat-tempat penyimpanan herbarium atau untuk mempelajari morfologi paku (serbuk sari).
Indonesia memiliki banyak kebun-kebun botani seperti yang ada di kebun raya Bogor, kebun Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, kebun raya, dan Kebun Raya Bali maupun yang ada di Riau,Nusa Tenggara dan Kalimantan. akhir-kahir ini kebun raya mengarah ke penelitian-penelitian yang cenderung berhubungan dengan material hidup. Untuk alasan ini kebun-kebun botani (kebun raya) bahkan lebih berguna daripada herbarium. Tetapi manfaat herbarium ini dapat dipertimbangkan pula.
Kebun botani memiliki empat kegunaan utama yaitu:
1.      Proyek riset taksonomi
2.      Tempat pendidikan
3.      Persediaan material
4.      Perlindungan
Sebuah herbarium dapat memberikan empat layanan utama yaitu:
1.      Mengidentifikasi bahan percobaan
2.      Dasar untuk penelitian dan persiapan flora, monogafi dan revisi
3.      Pengajaran
4.      Pengamatan bahan bukti percobaan
Kegiatan botani sistematika pada awalnya meneliti tumbuhan-tumbuhan yang termasuk herba. Herba merupakan tumbuhan yang berbatang rendah dekat dengan permukaan tanah, lunak, berair, dan jaringan kayunya sangat sedikit. Kegiatan ini bertujuan untuk pengobatan.
Istilah herbarium dipakai oleh Linnaeus sedang sebelumnya dipakai oleh Hortus Siccus, Hortus Mortus dan istilah-istilah yang lain. Pengaruh Linnaeus ini mempunyai arti sebagaimana yang dipergunakan orang sampai saat ini. Dengan ditemukan cara pengepresan, pengeringan, dan pengawetan specimen tumbuhan, sehingga memungkinkan untuk disimpan dalam waktu yang lama. Pemeliharaan yang hati-hati dapat tahan dalam jangaka waktu yang lama, sebagai contohnya herbarium dari Ghini (1519-1559) dan Caesalpino (1519-1576) masih ada sampai sekarang di herbarium Leiden. Selain di Bogor Indonesia, banyak tempat penyimpanan specimen-spesimen yang diawetkan antara lain di Singapura, Philipina, Papua Nugini, Amerika, Belanda dan lainnya.
Herbarium tidak hanya sekedar specimen tumbuhan yang diawetkan, namun dapat digunakan sebagai kegiatan botani lainnya seperti sebagi sumber dasar untuk ahli taksonomi dan ilmu lain yang memerlukan informasi dasar. Herbarium adalah suatu museum sehingga dapat digunakan sebagai pusat penelitian , pengajaran dan pusat infornasi untuk masyarakat umum. Specimen-spesimen herbarium ini dapat emmberikan macam-macam informasi, namun tergantung kelengkapan data dan asal usul materialnya.
B.     PERALATAN DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMBUATAN HERBARIUM
1.      Gunting untuk tanaman
2.      Pisau
3.      Garpu tanah atau cetok
4.      Kantung plastik bermacam ukuran
5.      Buku kecil untuk catatan lapangan
6.      Label
7.      Etiket gantung
8.      Pensil hitam
9.      Spidol
10.  Kaca pembesar
11.  Altimeter
12.  Kertas herbarium ukuran 29cmx 43cm
13.  Pengepres (sasah)
14.  Kertas Koran
15.  Formaldehid 4%
16.  Etil alcohol 70%
17.  Sublimat
18.  Asam cuka
19.  Kupri sulfat
20.  Akuades
C.     CARA MENGOLEKSI
Cara koleksi tumbuhan-tumbuhan yang memiliki perawakan kecil seperti herba atau semak dapat dikoleksi secara menyeluh. Sedangkan cara mengoleksi pohon-pohon yang tinggi, liana dan epifit yakni dengan mengumpulkan apa saja yang dimiliki oleh tanaman tersebut yang diseleksi tanpa merusak tanaman tersebut. Pada pengoleksian idealnya harus berisi semua bagian tanaman seperti akar, batang, daun, buah, biji dan sebagainya.
Dalam pengumpulan tumbuhan dilapangan harus memperhatikan hal-hal berikut:
a.       Tumbuhan yang dibuat herbarim diusahakan selengkap mungkin dan terutama tumbuhan yang sedang berbunga atau yang sedang berbuah. Kumpulkan tanaman dari lapangan kedalan vaskulum atau masukkan diantara kertas koran.
b.      Tumbuhan diberi etiket gantung dan diberi nomor urut, nama singkatan kolektor, tanggal pengambilan.
c.       Pada buku koleksi dibuat catatan yang datanya tidak terbawapada specimen yag diambil : tempat tumbuh, tinggi tempat, keadaan lingkungan, warna, bau, bagian-bagian dalam tumbuhan (besar populasi), dan lain-lain.
d.      Pengeringan dan Pengawetan
§  Pengeringan
Pengeringan dan pengawetan bertujuan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangga. Pengeringan dan pengawetan specimen dapat dilakukan dengan beberapa cara : oven, pengarangan lampu, diberi bahan kimia atau pengeringan dengan sinar matahari.
§  Pengawetan
1. Dilapangan
a.       Menggunakan formaldehid (8%)
i.        Ambil botol plastic polietena yang mempunyai ukuran 2,5l
ii.      Timbang 250 gr paraformaldehid, tambah 2 sdt heksamin masukkan dalam botol plastik.
iii.    Tambah air mendidih sampai botol penuh.
iv.    Biarkan larutan itu selama semalam hingga menjadi formaldehid 8%.
b.      Etil alcohol 75%
2.      Di tempat penyimpanan
Insektisida yang digunakan selama penyimpanan :
a.       Kontak : gas sianida, paradichlorobenzena (PBD), dan karbon sulfide
b.      Digestive : garam merkuri dan merkuri klorida.
3.      Pengawetan herbarium kering
Bahan yang sudah dikeringkan dicelup pada campuran 1000cc alcohol dan 40gr sublimat hingga basah seluruhnya. Kemudian keringkan lagi hingga kering betul.
4.      Pengawetan herbarium basah
Tumbuhan dicuci hungga bersih dan masukkan dalam bahan yang terdiri atas campuran 1000cc air suling, 25cc formalin, 1cc asam cuka, dan 15cc merkuri sulfat.
e.       Label
Buku catatan di lapangan digunakan untuk mengisi label yang digunakan pada specimen herbarium meliputi :
1.      Nomor koleksi
2.      Nomor spesimen
3.      Suku
4.      Lokasi
5.      Ketinggian
6.      Tanggal
7.      Habitat : meliputi topografi, tanah, air, dan tipe vegetasi.
8.      Nama daerah
D.    SPESIMEN
Spesimen herbarium ditempatkan pada tempat penyimpanan specimen berupa almari atau rak herbarium dari besi. Penempatan specimen harus sesuai dengan abjad suku dan menurut klasifikasi yang ada. Klasifikasi itu diantaranya menurut Bessey, Bentham, Hooker atau ahli lain.
E.     KOLEKSI KHUSUS
Selain koleksi umum herbarium juga mempunyai koleksi khusus yaitu seperti koleksi tipe, koleksi sinoptik untuk pengajaran edentifikasi, koleksi sejarah dan koleksi hadiah atau koleksi pinjaman.

1 komentar:

  1. awetan herbarium basah tidak sesuai dengan gambar yaitu awetan anak sapi. Herba=tumbuhan. awetan basahnya berupa buah, awetan basah pada gambar itu disimpan di museum zoologi bukan herbarium

    BalasHapus